Memasukkan Data Mata Uang

Memasukkan Data Mata Uang

Data mata uang digunakan sebagai acuan nominal bagi saldo akun, harga, transaksi, hingga nilai laporan keuangan. Jika Anda memiliki fasilitas Multicurrency, Anda dimungkinkan untuk membuat data mata uang lebih daripada satu yang dibagi menjadi Data Mata Uang Dasar dan Data Mata Uang Asing. Data mata uang dasar dan asing sudah dibuat sebelumnya ketika Anda membuat data baru. Adapun tahapan membuat data mata uang tambahan sebagai berikut:

Tahap 1: Buka menu Data Mata Uang
Klik tombol  untuk menambah data mata uang fungsional

Gambar 1. Menu Utama klik Data Mata Uang

 

Tahap 2: Isi informasi yang ada di halaman mata uang

Gambar 2. Input Informasi Mata Uang

 Bagian ini wajib diisi di awal

 

  1. Kode Mata Uang
    Klik tombol ini untuk membuka daftar mata uang. Pilih mata uang dasar/ asing lalu pilih OK.
    Jika mata uang yang Anda cari tidak ada, klik Batal kemudian ketik secara manual 3 huruf kode internasional mata uang di field Kode Mata Uang.
  2. Nama Mata Uang
    Jika Anda telah memilih kode mata uang, field ini akan terisi secara otomatis namun Anda tetap bisa mengubah nama ini.
  3. Simbol
    Jika Anda telah memilih kode mata uang, field ini akan terisi secara otomatis namun Anda tetap bisa mengubah simbol ini.
  4. Kurs Tukar
    Field ini harus diisi dengan nominal dan tidak boleh bernilai 0. Isilah dengan nilai tukar (kurs) yang berlaku.
  5. Per Tanggal
    Ini mengidentifikasi tanggal kurs yang berlaku.
     
  6. Set Nilai Kurs
    Selain Anda dapat mengisi nilai tukar di field Kurs Tukar, Anda dapat juga mengisinya dengan mengeklik tombol ini.

 

Selanjutnya klik tab Akun Penting untuk mengisi akun-akun penting.
Perhatikan! Kurs Tukar, Per Tanggal, dan Set Nilai Kurs tidak akan tampil ketika Anda mengedit data mata uang dasar.

Gambar 3. Input Nilai Tukar

 Bagian ini wajib diisi di awal

 

Tahap 3: Akun Penting
Pada tahapan ini Anda selanjutnya harus mengisi akun-akun yang terlibat dengan mata uang ini. Akun penting ini nantinya akan digunakan dalam transaksi-transaksi yang berjurnal otomatis seperti penjualan dan pembelian baik tunai maupun kredit. Klik tombol setiap field akun untuk mencari akun yang tersedia sesuai dengan mata uangnya. Jika akun tidak ada, Anda harus membuat akun baru yang terkait sesuai dengan mata uangnya.

Gambar 4. Input Akun Penting

 Bagian ini wajib diisi di awal

 

  1. Piutang Usaha
    Anda harus klik tombol ini agar jendela Daftar Rekening muncul untuk memilih/ membuat baru akun Piutang Usaha sesuai dengan mata uang yang Anda buat. Akun ini akan digunakan untuk transaksi penjualan secara kredit, transaksi pembayaran piutang usaha, retur penjualan kredit dengan memilih field credit/debit memo, dan transaksi penghapusan piutang usaha. Perhatikan! Anda tidak diperkenankan untuk menggunakan akun Piutang Usaha untuk pencatatan jurnal manual.
  2. Hutang Usaha
    Anda harus klik tombol ini agar jendela Daftar Rekening muncul untuk memilih/ membuat baru akun Hutang Usaha sesuai dengan mata uang yang Anda buat. Akun ini akan digunakan untuk transaksi pembelian secara kredit, transaksi pembayaran hutang usaha, retur pembelian kredit dengan memilih field credit/debit memo, dan transaksi penghapusan hutang usaha. Perhatikan! Anda tidak diperkenankan untuk menggunakan akun Hutang Usaha untuk pencatatan jurnal manual.
  3. Pembayaran Bank
    Anda harus klik tombol ini agar jendela Daftar Rekening muncul untuk memilih/ membuat baru akun Bank sesuai dengan mata uang yang Anda buat. Akun ini akan digunakan untuk semua transaksi yang terkait dengan pembayaran dengan menggunakan bank.
  4. Pembayaran Tunai
    Anda harus klik tombol ini agar jendela Daftar Rekening muncul untuk memilih/ membuat baru akun Kas sesuai dengan mata uang yang Anda buat. Akun ini akan digunakan untuk semua transaksi yang terkait dengan pembayaran dengan menggunakan uang tunai (kas).
  5. Uang Muka Pembelian
    Anda harus klik tombol ini agar jendela Daftar Rekening muncul untuk memilih/ membuat baru akun Uang Muka Pembelian sesuai dengan mata uang yang Anda buat. Akun ini akan digunakan untuk transaksi pembelian secara kredit dengan memilih metode pembayaran uang muka (down payment) dan semua transaksi yang terkait dengan beban dibayar di muka (akun berklasifikasi Harta).
  6. Uang Muka Penjualan
    Anda harus klik tombol ini agar jendela Daftar Rekening muncul untuk memilih/ membuat baru akun Uang Muka Penjualan sesuai dengan mata uang yang Anda buat. Akun ini akan digunakan untuk transaksi penjualan secara kredit dengan memilih metode pembayaran uang muka (down payment) dan semua transaksi yang terkait dengan pendapatan dibayar di muka (akun berklasifikasi Kewajiban).

 

Tahap 3: Proses
Selanjutnya klik tombol  untuk menyimpan data mata uang baru. Klik  untuk menyimpan data mata uang dengan tetap memunculkan jendela mata uang. Klik  untuk membatalkan proses penyimpanan data mata uang baru dan menutup jendela ini.

 

Tahap 4: Lihat Daftar
Data mata uang yang telah dibuat akan masuk ke Daftar Mata Uang

Gambar 5. Daftar Mata Uang


    • Related Articles

    • Bagaimana Mengatasi Mata Uang Double Pada Data Mata Uang

      Sewajarnya pada setiap database hanya memiliki satu data untuk setiap jenis mata uang. Lalu bagaimana jika untuk 1 jenis mata uang memiliki 2 atau lebih data yang sama baik kode maupun nama mata uang seperti gambar dibawah ini :   Salah satu penyebab ...
    • Cara Membuat Data Mata Uang Dasar dan Mata Uang Asing - Zahir Online

      Fungsi Data Mata Uang Data mata uang di gunakan untuk menginput dan menghasilkan laporan keuangan dengan nilai mata uang yang di gunakan. mata uang asing bisa Anda gunakan dan perhitungan revaluasi akan secara otomatis di lakukan oleh sistem. Membuat ...
    • Memasukkan Data Rekening

      Rekening atau akun menjadi unsur sistematis yang digunakan untuk membuat suatu jurnal hingga menghasilkan laporan keuangan. Rekening harus berisikan nominal angka. Tahap 1: Buka Data Rekening Klik tombol  untuk menambah data rekening baru Gambar 1. ...
    • Saat Membuat Database Baru, Data Mata Uang Jadi ABC dan XYZ

      Saat membuat data baru kenapa data mata uang menjadi AC dan XYZ seperti tampilan dibawah ini. Hal diatas dapat disebabkan oleh beberapa hal yaitu :  1. Saat membuat data baru, pada proses setup data mata uang fungsional, user tidak menekan tombol ...
    • Memasukkan Data Satuan Pengukuran

      Satuan Pengukuran digunakan untuk menetapkan satuan atas suatu barang/ jasa dalam transaksi. Jika Anda memiliki fasilitas multisatuan, Anda dimungkinkan untuk membuat data satuan pengukuran dan konversinya ke satuan pengukuran dasar sehingga Anda ...