Modul Anggaran (Budget)

Modul Anggaran (Budget)

Setiap perusahaan atau pelaku bisnis tentunya perlu membuat anggaran untuk setiap pos pada kode rekening yang dimiliki misalnya untuk membuat anggaran biaya operasional, biaya non operasional atau yang lainnya. Pada Zahir Online memiliki satu jenis anggaran yang dapat dibuat yaitu Anggaran Finansial (Financial Budget).

Fungsi Modul Budget
Modul ini berfungsi sebagai kendali otomatis terhadap biaya-biaya yang akan dikeluarkan oleh perusahaan. Baik biaya operasional yang sering  terjadi, maupun biaya yang berkaitan dengan proyek (pekerjaan tertentu).  Setiap budget diperlakukan secara berbeda, ada beberapa tipde anggaran yang  realisasinya memang tidak boleh melebih anggaran yang disediakan. Tapi ada  pula anggaran yang memperbolehkan realisasi lebih daripada anggaran yang  disediakan.


Pengaturan Modul Budget (Finance)

Masuk ke Data Store (Data Master). Kemudian pilih Budget (Anggaran) seperti pada gambar berikut.


Selanjutnya pilih Financial Budgets seperti yang tertampil pada gambar berikut.


Muncul daftar Financial Budget. Klik create new untuk membuat baru data anggaran.


Selanjutnya akan tampil Jendela modul anggaran yang perlu diisi, dan beberapa field yang akan menentukan seperti apa form yang perlu diisi.


Keterangan:

  1. Budget Name: Bisa diisi sesuai dengan nama budget yang diinginkan
  2. Periode Type: Terdiri dari beberapa pilihan yang akan menentukan seperti apa form budget yang akan diisi.
    1. Monthly: Jika dipilih Bulanan maka akan muncul seperti pada gambar berikut, yang membutuhkan data detail budget per bulan.


    2. Yearly: Jika dipilih Tahunan maka akan muncul seperti pada gambar berikut, yang membutuhkan data total budget pertahun.

                                     
    3. Start to Finish: Jika memilih start to finish maka hanya dibutuhkan total budget tanpa penentuan tahun, seperti pada gambar berikut ini.


  3. Year: Tahun budget tersebut akan digunakan.
  4. Use Chart of Account: Jika diaktifkan, maka budget yang akan dibuat akan detail per chart of account (COA)
  5. Allow Over Budget: Jika diaktifkan, maka realisasi anggaran akan diperbolehkan melebihi dari anggaran yang sudah ditetapkan.
  6. Department: Field ini opsional. Jika sedang membuat budget untuk divisi, cabang, ataupun unit bisnis, bisa diisi sesuai dengan departmen yang bersangkutan.
  7. Project: Field ini opsional. Jika sedang membuat budget untuk sebuah pekerjaan tertentu, event, ataupun pekerjaan lain yang membutuhkan laporan laba/rugi per project.


Penggunaan Modul Budget (Finance)
Penggunaan budget financial dapat diimplementasikan pada saat mencatat transaksi yang membentuk jurnal, seperti Faktur Pembelian atau Expense. Contoh penggunaan budget di modul Expense dapat dilihat pada gambar berikut.



Laporan Modul Budget (Financial)
Untuk mengakses laporan modul budget financial bisa diakses dengan langkah-langkah berikut:

- Klik modul Laporan (Report), kemudian pilih menu Laporan Keuangan (Finacial Report).


- Selanjutnya pilih Laporan Anggaran (Budget Report)







    • Related Articles

    • Modul Buku Besar

      Modul Buku Besar   Berikut ini adalah tampilan menu Buku Besar. Di menu buku besar, tersedia fasilitas untuk membuat, mengedit dan menghapus rekening perkiraan yaitu di kolom “Daftar Rekening Perkiraan”. Menampilkan buku besar masing-masing rekening ...
    • Membuat Anggaran pada Zahir Accounting

      Setiap perusahaan atau pelaku bisnis tentunya perlu membuat anggaran untuk setiap pos pada kode rekening yang dimiliki misalnya untuk membuat anggaran biaya oprasional, biaya non operasional atau yang lainnya. Pada program Zahir Accounting kita dapat ...
    • Tampilan Modul Zahir Hilang

      Modul Program dirancang untuk memudahkan Anda mengakses data dan menginput transaksi, disusun secara terstruktur dengan gambar-gambar yang mudah dimengerti. Pada modul program tersebut terdapat beberapa menu antara lain : Data-Data, Buku Besar, ...
    • Penambahan Modul Sales Order Belum Tampil pada Modul Penjualan

      Produk Zahir Accounting adalah produk yang dapat disesuaikan modul-modulnya apabila dalam paket yang sudah ada belum terdapat modul yang dibutuhkan, seperti halnya penambahan modul “Sales Order”. Namun bagaimanakah apabila sudah membeli modul “Sales ...
    • Sudah Memiliki Modul Purchase Order (PO) Namun Modul PO Masih Terkunci

      Apabila pada program zahir yang anda miliki sudah terdapat modul Purchase Order serta pada kewenangan password juga telah diberikan akses untuk melakukan penginputan Purchase Order, namun tombol Tambah pada modul tersebut tidak ada seperti pada ...