Saat Impor Saldo Awal Hutang Muncul Error Data CSV Baris Ke x Kode Kosong

Saat Impor Saldo Awal Hutang Muncul Error "Data CSV Baris Ke x Kode Kosong"

Pada saat melakukan proses import saldo awal hutang usaha, kenapa muncul warning : "Terdapat Beberapa Kesalahan Saat Pembuatan Saldo Awal Hutang" dan informasi "Data CSV Baris Ke sekian Kode Kosong". Namun jika dicek pada menu Setting > Saldo Awal > Saldo Awal Hutang Usaha, untuk data saldo awal hutang usaha yang dibuat pada tabel CSV sudah masuk. Jangan khawatir karena masalah tersebut terjadi disebabkan saat pembuatan data CSV saldo awal hutang usaha anda melakukan penghapusan pada beberapa data tersebut. Berikut kami contohkan alur yang menyebabkan warning diatas.

1. Pada data CSV dibawah ini terdapat 8 baris saldo awal hutang mulai dari invoice nomor 200 hingga 207.


2. Selanjutnya user menghapus 4 baris data saldo awal dengan memblok kolom A6 hingga K9 kemudian menghapus (delete) baris tersebut.


3. Sehingga hasilnya hanya tersisa 4 baris saldo awal hutang mulai dari invoice nomor 200 hingga 203.


4. Saat proses impor, muncullah warning tersebut dan terdapat informasi Data CSV Kode Data Jurnal 203 Sukses Masuk sedangkan Data CSV Baris Ke 5 hingga 8 Kode Kosong. Padahal data CSV yang diimpor memang hanya ada 4 baris sedangkan baris ke 5 hingga 8 sudah dihapus.


5. Jika pesan ditas di klik Yes, maka akan tampil rincian penyebab error diatas.


Lalu bagaimana mengatasi agar eror diatas tidak muncul. Sebenarnya saldo awal tetap masuk namun untuk informasi mengatasi tersebut dapat dilakukan dengan cara membuka file CSV saldo awal hutang anda menggunakan notepad. Caranya, klik kanan file CSV anda kemudian pilih Open With > Notepad. Maka hasilnya akan seperti dibawah ini. Terdapat 4 baris tanda koma seperti diberi tanda panah dibawah. Hapus tanda-tanda koma tersebut.


Selain cara diatas juga dapat dilakukan dengan cara menghapus baris yang tidak dipakai dengan memblok dari angka barisnya lalu di klik kanan pilih Delete. Sehingga saat dibuka dengan notepad tidak akan menyisakan tanda koma tanpa isi seperti gambar diatas.