Setup Point of Sale (POS)

Setup Point of Sale (POS)

Setup Point of Sale (POS) terdiri dari pengaturan (setup) kasir dan setup pembayaran. Setup kasir didiharuskan untuk memberikan kewenangan akses fasilitas di Zahir POS berdasarkan password yang telah dibuat. Setup pembayaran digunakan untuk menetapkan sistem pembayaran yang diberlakukan di Zahir POS seperti pembayaran tunai dan pembayaran secara kredit.

Untuk menggunakan fasilitas Setup Staf Kasir, tahapan yang harus Anda lalui sebagai berikut:

Setup Kasir

Tahap 1: Buka Setup Staf Kasir
Dalam keadaan data keuangan di Zahir Accounting 6 sedang dibuka klik menu Setting > Setup Point of Sale > Setup Kasir


Gambar 1. Menu Setup Kasir

 

Tahap 2: Muncul Jendela User Name
Jendela ini menampilkan tabel pengguna Zahir POS yang telah dibuatkan data nama alamat dan passwordnya di Zahir Accounting 6. Adapun bagian yang terdapat dalam tabel ini yaitu:


Gambar 2. Setup Username Admin, Manajer, dan Kasir

 Bagian ini dapat diabaikan atau ditangguhkan namun harus diisi diawal jika menggunakan Zahir POS

 

  1. User
    Kolom ini menunjukkan username yang dibuat di fasilitas password Zahir Accounting 6. Pilihlah username yang akan menjadi calon pengguna Zahir POS 6 dengan mengeklik tombol Baru atau tombol Tambah selanjutnya klik baris di kolom ini.
  2. Nama Karyawan
    Kolom ini menunjukkan data pegawai yang telah dibuat di fasilitas Data Nama Alamat. Pilihlah nama karyawan yang akan dipasangkan dengan kolom user dengan mengeklik baris di kolom ini.
  3. Manajer
    Kolom ini untuk menetapkan hak manajer. Klik kolom ini berdasarkan baris usernya untuk memilih True yang artinya diberikan akses dan False yang artinya tidak diberikan akses.
  4. Administrator
    Kolom ini untuk menetapkan hak administrator. Klik kolom ini berdasarkan baris usernya untuk memilih True yang artinya diberikan akses dan False yang artinya tidak diberikan akses.

    Kolom Manajer dan Administrator digunakan untuk menentukan hak akses kepada 3 status user berbeda yakni Manajer, Administrator, dan Kasir. Adapun pembagian status dapat diuraikan sebagai berikut.

    • Administrator. Status ini dapat dibuat jika kolom Manajer dipilih True dan kolom Administrator dipilih True. Dengan demikian status Administrator ini memiliki hak penuh di Zahir POS untuk membuat data baru, setting POS, setting data, memberi diskon, membatalkan transaksi dan mengimpor-ekspor dari dan ke data back office atau server (Zahir Accounting 6). Jika Manajer False dan Administrator True, hak yang diberikan sama dengan hak Administrator.
    • Manajer. Status ini dapat dibuat jika kolom Manajer dipilih True dan kolom Administrator dipilih False. Dengan demikian status Manajer ini memiliki hak selain menginput transaksi, ia dapat juga mem-void transaksi (pembatalan transaksi) dan void item (pengeditan transaksi).
    • Kasir. Status ini dapat dibuat jika kolom Manajer dipilih False dan kolom Administrator dipilih False. Dengan demikian status Kasir ini memiliki hak hanya untuk menginput transaksi penjualan, posting transaksi ke back office atau server (Zahir Accounting 6) dan hak mencetak rekap laporan pendapatan selama kasir tersebut bertugas.

Tahap 3: Klik Rekam
Jika username sudah dibuat berdasarkan statusnya masing-masing, klik Rekam untuk memproses. Selanjutnya pengguna yang telah diberikan username dapat log in di Zahir POS 6.

 

Sebelum memulai transaksi di Zahir POS 6, Anda harus mengatur Sistem Pembayarannya dengan tahapan sebagai berikut:

Sistem Pembayaran

Tahap 1: Buka Sistem Pembayaran
Dalam keadaan data keuangan di Zahir Accounting 6 sedang dibuka klik menu Setting > Setup Point of Sale > Sistem Pembayaran.


Gambar 3. Menu Sistem Pembayaran

 

Tahap 2: Muncul Jendela Sistem Pembayaran
Tabel Sistem Pembayaran ini telah diisi oleh sistem secara baku dengan dua sistem bayaran yakni Cash Payment untuk pembayaran tunai dan Credit Payment untuk pembayaran secara kredit. Sistem secara otomatis mengacu pada akun penting di data mata uang. Jika pembayaran tunai, ia mengacu pada akun Kas dan jika pembayaran cicilan, ia mengacu pada akun piutang usaha. Data mata uang yang digunakan adalah mata uang dasar.


Gambar 4. Daftar Sistem Pembayaran

 


Gambar 5. Pengisian Sistem Pembayaran

 Bagian ini wajib diisi di awal       Bagian ini dapat diabaikan atau ditangguhkan


    • Related Articles

    • Posting Pos Menggunakan Filter Tanggal

      ketika user pertama kali membuat database pos, ada beberapa settingan pada pos yang perlu dilakukan contohnya untuk  proses posting transaksi pada point of sale (pos) ke back office (bo) agar bisa memilih tanggal transaksi yang dapat di posting, ...
    • Cara Cut Off Database Zahir Point Of Sales (POS) 6

      untuk user pengguna aplikasi zahir point of sales (POS) versi 6.0, jika ada ingin melakukan perpindahan data atau cut off dari data lama ke data baru pada pos versi 6nya, berikut adalah langkah - langkahnya :   1. buat database baru pada aplikasi ...
    • Cara Mendesain Setruk Pada Zahir POS (Point Of Sales)

      Berikut ini langkah-langkah untuk mendesain setruk pada program Zahir POS (Point of Sales).  1. Buka windows explorer, kemudian masuk ke Lokal Disk C > Program Files > Zahir POS 2. Selanjutnya cari file design.dll1 kemudian rename menjadi design.dll ...
    • Penyebab Tidak Bisanya Memproses Pembayaran Transaksi di POS

      Apabila saat melakukan penginputan transaksi penjualan pada zahir POS kemudian gagal saat memproses pembayaran (payment) dengan peringatan "Setup pembayaran belum ditentukan, buka Setup - Sistem Pembayaran", maka hal tersebut dikarenakan adanya ...
    • Memunculkan Shortcut Pada Zahir POS

      Untuk mempermudah dan mempercepat penggunaan komputer, biasanya kita selalu menggunakan tombol shotcut yang telah disediakan oleh sistem operasi. Contoh pada sistem operasi windows, anda dapat menggunakan tombol F2 untuk mengubah nama suatu file atau ...