Transaksi Kas Masuk

Transaksi Kas Masuk

Transaksi Kas Masuk

Jurnal Kas Masuk digunakan untuk menginput transaksi peneriman kas. Saldo rekening kas/bank akan bertambah akibat transaksi ini, seperti penerimaan setoran modal, pinjaman dari bank, dll. Anda dapat menampilkan form ini melalui Menu Kas dan Bank > Kas Masuk, sehingga akan muncul tampilan seperti berikut:


Gambar 1. Menu Utama kas masuk

Klik tombol Baru untuk menginput transaksi kas masuk.


Berikut langkah mengisi form Kas Masuk


Gambar 3. Daftar isian kas masuk

 Bagian ini wajib diisi        Bagian ini dapat diabaikan.

 

1. Akun Kas

Tentukan akun dimana uang akan disimpan.

 

2. Dari

Klik tombol ini untuk memilih data pelanggan di daftar nama alamat. Jika Anda belum membuatnya, klik Baru untuk membuat baru pelanggan. Anda bisa juga membuat data pelanggan dan data nama alamat lain dari modul Data-data > Data Nama Alamat.

 

3. Nomor Cek

Nomor cek diisi dengan nomor urut transaksi, misalkan nomor cek. Program otomatis akan mengisi nomor ini secara berurutan dari transaksi sebelumnya, namun Anda dapat merubahnya jika perlu. Isian nomor referensi ini dapat diketik secara langsung.

 

4. Tanggal Transaksi

Tentukan tanggal transaksi setiap kali Anda menginput transaksi. Program otomatis mengisi tanggal sesuai dengan tanggal sistem komputer Anda. Anda dapat mengetik tanggal secara langsung atau dengan menampilkan kalender (terdapat tombol kecil di sebelah kanan bergambar kalender).

 

5. Nominal

Klik disini untuk menghitung nilai transaksi (yaitu setelah Anda mengisi item transaksi dengan benar dan sebelum menekan tombol rekam).

 

6. Menu

Ketik keterangan transaksi disini. Isi keterangan dengan jelas sesuai dengan isi transaksi, agar saat Anda menampilkan laporan buku besar dan laporan lainnya, Anda tidak perlu melihat detail transaksi untuk mengetahui maksud transaksi ini.

 

7. Giro

Aktifkan opsi ini jika transaksi kas masuk ini dibayar menggunakan giro.

 

8 Kode dan Nama Akun

Untuk menampilkan daftar rekening yang sudah tersedia, double klik mouse (klik mouse dua kali dengan cepat) atau tekan tombol ENTER pada keyboard (pastikan cursor berada pada kolom kode), selanjutnya akan ditampilkan form daftar rekening.

 

9. Department

Kolom Dept dipilih dari tabel yang tersedia seperti halnya memilih kode rekening, double klik mouse untuk menampilkan daftar departemen.

 

10. Nilai

Untuk Nilai transaksi, isilah nilai pada kolom Nilai.

 

11. Job

Kolom Job dipilih dari tabel yang tersedia seperti halnya memilih kode rekening, double klik mouse untuk menampilkan daftar proyek.

 

12. Hapus Baris

Klik tombol ini untuk menghapus item transaksi yang sedang aktif (pastikan cursor telah berada pada baris item kas masuk yang ingin dihapus).

 

13. Rekam Ulang

Klik tombol Rekam Ulang untuk merekam transaksi ini dalam template sehingga dapat digunakan oleh transaksi yang sama di masa yang akan datang.

 

14. Buka Ulang

Klik tombol Buka Ulang untuk membuka transaksi yang pernah disimpan sebelumnya.

 

15. Cetak Faktur

Beri tanda centang untuk langsung mencetak faktur transaksi. Maka setelah menekan tombol Rekam, program akan langsung menampilkan form cetak faktur.

 

16. Batal

Untuk membatalkan input transaksi, atau membatalkan modifikasi yang Anda lakukan.

 

17. Rekam

Untuk merekam transaksi.

 

Setelah semua form diisi sesuai dengan kebutuhan, klik Rekam, jika langsung mencetak faktur Kas Masuk maka akan muncul pilihan faktur yang tersedia. Pilih faktur yang akan dicetak, klik Preview jika ingin melihat tampilan terlebih dahulu atau klik Cetak jika ingin langsung mencetak.


Gambar 4. Bukti kas masuk

 


Gambar 4. Tampilan bukti kas masuk

Setelah cetak faktur form isian akan kembali kosong sehingga kita bisa menginput transaksi kas masuk yang lain. Jika tidak ingin menginput transaksi kas masuk yang lain, klik Batal untuk menampilkan daftar kas masuk yang telah diinput.


Gambar 6. Daftar Transaksi Kas masuk

 

Jika ingin melihat jurnal kas masuk yang terbentuk dengan cara klik kanan pada daftar kas masuk lalu pilih Jurnal Voucher.


Gambar 7. Journal Voucher Kas masuk 

 

Jika ingin menampilkan semua jurnal yang ada di daftar kas masuk, klik Laporan, Laporan Keuangan, Kas dan Bank, Jurnal – Kas Masuk sehingga akan tampil sebagai berikut:


Gambar 8. Laporan Kas Bank

 

Klik pada Jurnal – Kas Masuk, sehingga akan muncul Filter Data. Tentukan filter tanggal sesuai dengan periode data yang telah diinput lalu tekan OK.


Gambar 9. Filter Data 


Gambar 10. Laporan Jurnal Kas masuk


    • Related Articles

    • Cara Input Transaksi Kas Masuk - Zahir Online

      Cara Menggunakan Fitur Kas Masuk Langkah Pertama : Pilih Fitur Kas & Bank, kemudian pilih “Penerimaan”. Kemudian klik tombol “Buat Baru” yang ada di sebelah kanan. Langkah Kedua : Isikan Data yang di perlukan untuk menyelesaikan fitur “Kas Masuk” ...
    • Menentukan Posisi Debit Atau Kredit Pada Transaksi Kas Masuk/Keluar

      Pengguna yang mencatat transaksi kas keluar atau kas masuk tidak jarang ada yang ingin membedakan posisi debit atau kredit pada transaksi tersebut. Buka modul Kas dan Bank lalu ke menu kas keluar atau kas masuk. Misalnya yang akan diinput adalah ...
    • Transaksi Giro Masuk

      Transaksi Giro Masuk Untuk transaksi pembayaran piutang usaha atau kas masuk dapat juga menggunakan transaksi giro masuk. Berikut ini langkah-langkah untuk mencatat transaksi giro masuk di Zahir Accounting Versi 6 :   1. Transaksi Kas Masuk :   ...
    • Penjelasan Isi Table Csv Plugin Import Transaksi Kas Masuk

      PANDUAN IMPORT TRANSAKSI DARI FORMAT EXCELL (CSV) KE ZAHIR ACCOUNTING   Plugin merupakan menu import transaksi dari table csv ke program zahir, tetapi untuk memiliki modul plugin tersebut, user harus melakukan penyewaan untuk mendapatkan modul plugin ...
    • Cara Input Transaksi Giro Masuk - Zahir Online

      Cara Menggunakan Fitur Giro Masuk Fitur “Giro Masuk” di tujukan untuk melihat data Giro Masuk yang ada di transaksi kita. Langkah tersebut dilakukan sama seperti hal nya melakukan transaksi di “Penerimaan” atau “Kas Masuk”.  Langkah Pertama : Pilih ...