Setup Klasifikasi Akun

Setup Klasifikasi Akun

Klasifikasi akun memudahkan pengguna dalam menentukan akun-akun Neraca dan Laba Rugi. Secara sistem klasifikasi akun dapat mengurutkan setiap akun dengan penanda kepala akun. Adapun untuk menetapkan klasifikasi akun Anda dapat melalui tahap sebagai berikut:

Tahap 1: Buka Menu Klasifikasi Akun
Dalam keadaan data keuangan dibuka klik Setting > Klasifikasi Akun


Gambar 1. Menu Klasifikasi Akun

 

Tahap 2: Memahami Hierarki Akun


Gambar 2. Desain Hierarki Akun


Sistem membuat hierarki akun menjadi 3 level dan nama akun yaitu

  • Level 1 menandakan klasifikasi akun
    Level ini adalah hierarki teratas yang memiliki 9 klasifikasi akun meliputi Harta, Kewajiban, Modal, Pendapatan, Biaya atas Pendapatan, Pengeluaran Operasional, Pengeluaran Nonoperasional, Pendapatan Lain, dan Pengeluaran Lain.
  • Level 2 menandakan hierarki tengah
    Ada kalanya perusahaan memerlukan kelompok atas suatu subklasifikasi akun, misalnya saja subklasifikasi Kas masuk kelompok Harta Lancar, subklasifikasi Hutang Usaha masuk kelompok Hutang Lancar, dsb. 
  • Level 3 menandakan subklasifikasi akun
    Subklasifikasi akun misalnya Kas, Piutang, Persediaan, Investasi Jangka Panjang, dsb masuk klasifikasi Harta.

  • Urutan Akun yaitu nama akun yang dibuat

Tahap 3: Menyesuaikan Hierarki Level 1
Jumlah klasifikasi tidak dapat ditambah ataupun dikurangi, namun Anda dapat mengubah istilah klasifikasinya jika ada istilah yang memang berlaku secara umum tanpa mengubah fungsi setiap klasifikasinya. Contoh Anda hendak mengubah klasifikasi berkepala 1 yaitu Harta menjadi istilah Aset. Silakan klik kolom nama klasifikasi untuk mengubah nama klasifikasi. Anda harus mengubah nama aliasnya yaitu nama dalam bahasa Inggris dengan mengeklik tombol Alias. Klik Lanjutkan untuk menyimpan data dan beralih ke Level 3.


Gambar 3. Hierarki Level 1

 Bagian ini dapat diabaikan atau ditangguhkan

 

Tahap 4: Menyesuaikan Hierarki Level 3

Di tahapan ini Anda dapat menambah level 3 yang merupakan subklasifikasi dari level 1. Anda dapat mengubah kode klasifikasi namun tidak diperkenankan mengubah digit pertama kode subklasifikasi.

Pada kolom Cash Flow Type Anda harus menetapkan aktivitas arus kas untuk setiap subklasifikasi akun ini agar sistem dapat dengan benar menghasilkan Laporan Arus Kas sesuai dengan aktivitasnya masing-masing. Contoh aktivitas operasi (operating activities) dipilih untuk subklasifikasi akun yang berkaitan dengan Laba/ Rugi seperti Pendapatan, Beban, dll.

Jika Anda mengubah nama subklasifikasi, Anda harus mengubah nama alias atas subklasifikasi yang diubah dengan mengeklik tombol Alias.

Jika semua subklasifikasi telah disesuaikan dengan benar atau tidak ada yang diubah, klik Lanjutkan untuk beralih ke hierarki level 2.


Gambar 4. Hierarki Level 3

 Bagian ini dapat diubah di awal       Bagian ini dapat diabaikan atau ditangguhkan

 

Tahap 5: Menyesuaikan Hierarki Level 2
Level 2 berfungsi sebagai kelompok atas suatu subklasifikasi agar pengguna dapat dengan mudah melihat total atas akun-akun yang masuk ke kelompoknya misalnya Harta Lancar, Hutang Lancar, dsb. Anda tidak wajib mengisi level 2. Klik Lanjutkan untuk beralih ke Item Laporan Tambahan.


Gambar 5. Hierarki Level 2

 Bagian ini dapat diabaikan atau ditangguhkan

 

Tahap 6: Item Laporan Tambahan
Di halaman ini Anda dimungkinkan untuk mengubah istilah Laba Operasi dan Laba Bersih yang terdapat di Laporan Laba Rugi. Jika langkah ini sudah diubah dengan benar atau tidak ada perubahan apapun, klik Lanjutkan.


Gambar 6. Item Laporan Tambahan

 Bagian ini dapat diabaikan atau ditangguhkan

 

Tahap 7: Konfirmasi Akhir
Halaman ini menandakan bahwa tahap setting klasifikasi akun telah selesai. Klik tombol Selesai untuk menutup jendela ini.


Gambar 7. Konfirmasi Akhir

 

Tahap 8: Melihat Contoh Laporan Neraca Yang Menggunakan Level 2
Klik modul Laporan > Laporan Keuangan > Neraca Standar


Gambar 8. Contoh Laporan Neraca

 


    • Related Articles

    • Setup Program

      Setup program merupakan fasilitas yang mengatur fasilitas lain untuk kelangsungan kinerja sistem ini. Di fasilitas ini Anda dapat menetapkan mana-mana fasilitas yang ingin atau tidak ingin Anda gunakan atau sekadar untuk tidak menampilkannya. Dengan ...
    • Klasifikasi Akun, Alamat, Kelompok Barang, Kategori Harta Tetap - Zahir Online

      DATA MASTER LAINNYA  Klasifikasi Akun Klasifikasi akun digunakan untuk menentukan struktur level kode akun (Chart of Account) Struktur level kode akun sebagai berikut : Gambar 1 : Pada gambar ini merupakan bagan jenjang akun, jadi Anda bisa memahami ...
    • Mengatasi Akun Laba Rugi Yang Masuk Ke Saldo Awal Akun

      Pada saat anda mengisi saldo awal akun pada program zahir accounting, maka akun akun yang seharusnya muncul adalah akun harta, kewajiban dan modal. Namun apabila pada saat pengisian saldo awal terdapat akun-akun pendapatan dan biaya, maka kemungkinan ...
    • Kode Akun Tidak Tampil Pada Pengisian Saldo Awal Akun

      Pada saat akan mengisi saldo awal akun pada menu Setting > Saldo Awal > Saldo Awal Akun, tidak terdapat akun untuk mengisi nilai saldo awal.   Sedangkan apabila dilihat pada modul Data - data > Data Rekening, semua akun tersebut muncul.   Hal diatas ...
    • Setup Point of Sale (POS)

      Setup Point of Sale (POS) terdiri dari pengaturan (setup) kasir dan setup pembayaran. Setup kasir didiharuskan untuk memberikan kewenangan akses fasilitas di Zahir POS berdasarkan password yang telah dibuat. Setup pembayaran digunakan untuk ...