Tidak Dapat Merekam Transaksi Dengan Pesan Nomor Referensi Telah Digunakan

Tidak Dapat Merekam Transaksi Dengan Pesan Nomor Referensi Telah Digunakan

Pada saat melakukan penginputan transaksi muncul pesan peringatan "Nomor Referensi telah digunakan dalam transaksi lain ! coba periksa kembali."


Hal yang perlu dilakukan atas informasi tersebut adalah dengan melakukan pengecekkan pada menu File > Alat Bantu > Pencarian Seluruh Data.


Selanjutnya ketik nomor referensi yang ingin anda gunakan tadi. Apabila nomor tersebut telah digunakan makan muncul pada list disebelah kanan, sehingga anda disarankan untuk menggunakan nomor referensi lainnya pada transaksi yang akan diinput selanjutnya. Namun apabila pada list tersebut tidak menampilkan transaksi sesuai dengan nomor referensi yang anda ketik pada kolom pencarian, maka lakukan langkah-langkah seperti dibawah ini.


1. Pastikan tidak ada user yang aktif menggunakan database tersebut, kemudian backup database anda terlebih dahulu

2. Klik menu File > Alat bantu > Reset Nomor Index.


   Selanjutnya klik Yes pada jendela konfirmasi untuk memastikan tidak ada user lain yang sedang membuka data yang sama dan melanjutkan reset nomor index


   Tampilan selanjutnya akan muncul program sedang dalam proses untuk mereset nomor index. Apabila telah selesai coba lakukan penginputan transaksi kembali.